Senin, 30 April 2012

Manfaat bangun pagi dan efek negatif bangun siang

*Bangun pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan bangun pagi, anda sudah membantu tubuh dalam menyeimbangkan irama tubuh dengan irama alam. Organ tubuh anda akan bekerja seimbang yang membuat tubuh anda lebih sehat. Selain itu beberapa manfaat yang bisa diperoleh apabila anda bangun pagi adalah sebagai berikut :

1.Nutrisi Terpenuhi
Dengan bangun pagi, tentunya anda mempunyai waktu untuk sarapan pagi. Sarapan merupakan faktor yang sangat penting dalam memenuhi nutrisi yang anda butuhkan saat memulai aktivitas atau pekerjaan anda.

2.Tubuh menjadi segar
Manfaatkan waktu untuk sedikit olah gerak tubuh setelah bangun pagi. Tubuh anda akan menjadi lebih segar dan bugar saat mengawali aktivitas anda.

3.Pikiran lebih tenang
Bangun pagi membuat kita memiliki banyak waktu sehingga kita tidak perlu tergesa-gesa dalam menyiapkan sesuatu. Tidak telat sampai ke kantor atau mengalami macet di jalanan. Sehingga keadaan yang dapat membuat kita stres pun menjauh.

4.Tidur lebih berkualitas
Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada wajah seperti penuaan dini atau kerutan. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur.

*Lalu adakah efeknya jika kita bangun siang? Jika bangun pagi memiliki segudang manfaat, tidak begitu dengan bangun siang karena kurang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Efek negatif dari bangun siang adalah :

Permasalahan Metabolisme
Masalah utama yang paling dirasakan adalah Jika Anda tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.

1.Lesu
Tidur berlebihan akan membuat Anda merasa lesu karena metabolisme Anda masih bekerja dalam ?set? malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal.

2.Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran Anda masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari.

3.Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat Anda sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Anda merasa lapar.

4.Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Anda tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika Anda ingin tidur lebih lama.

#Bangun pagi mungkin susah dilakukan bagi sebagian orang. Bagi anda yang kesulitan bangun pagi anda bisa mencoba bantuan alarm jam/handphone atau tidur lebih awal sehingga anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas sepanjang malam; dan efeknya adalah anda tidak akan kesulitan lagi untuk bangun pagi. Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat! ;)



▂ ▃ ▅ ▆ █ R-P-T █ ▆ ▅ ▃ ▂

0 komentar:

Posting Komentar